Pencegahan Asam Urat

Dalam mencegah serangan asam urat atau mengatasi asam urat memang tak mudah, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membatasi atau mengurangi asupan makanan yang mengandung purin tinggi. Namun serangan asam urat dapat diatasi dan dikendalikan salah satunya dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dengan tetap menjaga asupan makanan yang rendah purin dan pola hidup yang seimbang serta menghindari kebiasaan buruk.

Pada sebuah penelitian, pada orang-orang yang minum kopi sekitar 4-5 cangkir per hari, kadar asam urat bisa turun sekitar 5 mg/dL. Setelah efek kopi berkafein dan tidak berkafein dibandingkan, tetap diperoleh manfaat yang sama. Sepertinya, ada sesuatu dalam kopi selain kafein yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah. Penurunan asam urat ini tidak terjadi pada peminum teh seberapa banyak pun mereka minum.

Dengan minum 2-3 cangkir teh setiap hari dengan rendah gula dapat meringankan dan membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Teh mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

 

Teh tidak punya manfaat seperti kopi. Hanya saja, teh dengan segala manfaatnya, bisa membantu menyehatkan tubuh. Teh mengandung banyak sekali antioksidan yang diperlukan untuk menangkal radikal bebas. Efek dari radikal bebas ini adalah membuat sel-sel tubuh kita cepat tua lalu mati. Ini berarti tubuh mendapatkan manfaat yang baik saat mengkonsumsi teh.

Namun ada hal yang harus kita lakukan dalam mengatur komsumsi makanan yang dapat meningkatkan keasaman urine, seperti jeruk, cranberry, tomat dan nanas. Dengan catatan jangan teralau banyak mengkonsumsi buah-buahan tersebut karena mengandung kadar asam yang dapat memburuk serangan gout.

Selain itu dapat melakukan terapi dengan air putih, terapi ini dapat mencegah terbentuknya batu urat dalam saluran kencing. Banyak yang telah membuktikan bahwa segala macam jenis penyakit yang berhubungan dengan metabolisme, termasuk kolesterol dan asam urat, bisa diperingan dengan terapi ini.

Dengan mengkonsumsi air putih/ air mineral minimal 8-10 gelas per hari dapat menghancurkan dan memperlambat perkembangan asam urat serta menurunkan kadar asam urat yang akan dikeluarkan melalui urine. Hal yang perlu diingat bahwa air putih tidak dapat diwakili oleh makanan yang berkuah ataupun buah-buahan.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Pencegahan Asam Urat and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>