Mencegah Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat umumnya mulai dirasakan saat memasuki usia 30-45 tahun. Asam urat berhubungan langsung dengan organ tubuh manusia yang sangat penting yakni organ ginjal. Fungsi organ ginjal untuk mengatur dan mengelola kestabilan tubuh kita. Tak hanya itu ginjal pun bekerja untuk mengubah sisa kandungan asam, termasuk asam urat yang ada ditubuh kita dalam bentuk air seni. Jika sisa pembuangan tidak berjalan lancar, maka akan timbul kemungkinan adanya gejala asam urat. Asam urat berasal dari sisa metabolisme tubuh yang tidak terpakai yang kemudian dikeluarkan melalui urine.

Namun asam urat dapat dicegah sedini mungkin, jika seseorang sudah merasakan adanya gejala yang timbul pada tubuh dan merasakan rasa nyeri pada persendian.

Ada beberapa langkah upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah asam urat, diantaranya :

1. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengatur pola hidup dengan baik dan teratur tidak berlebihan. Apapun rutinitas yang dijalani dan sesibuk apapun. Cobalah untuk memberikan waktu sejenak pada tubuh untuk beristirahat, biarkan tubuh merasakan rileks, merengangkan otot-otot tubuh agar tidak kaku. Hal yang perlu diingat adalah jangan lupa minum air putih yang banyak bila rutinitas sehari-hari dihabiskan dengan duduk.

Seseorang yang selalu disibukkan dengan banyak kegiatan, terkadang tanpa disadari akan berperilaku tidak sehat, misalnya memilih menu makanan yang siap saji yang belum tentu jaminan akan makanan yang dikonsumsi itu sehat, kurang minum air putih, kurang tidur dsb. Hal inilah yang membuat tubuh mudah terserang penyakit.

2. Kebiasaan buruk seseorang misalnya perokok aktif merupakan kebiasaan yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Oleh karena itu, tidak heran mengapa banyak penderita asam urat yang disebabkan oleh rokok. Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok memaksa tubuh untuk menghirup dan menyimpan asap rokok di dalam tubuh yang kemudian akan mengakibatkan terganggunya fungsi paru-paru, jantung, dan asam urat.

Konsumsi kopi, minuman dingin (es) dan alkohol yang berlebihan. Perlahan akan merusak fungsi organ ginjal. Meskipun diketahui kandungan kafein tidak hanya terdapat pada kopi, teh pun demikian mengandung kafein. Memang tak selamanya kandungan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh berbahaya bagi tubuh. Namun kopi dan teh sebenarnya dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah, namun apabila dosis atau takaran melebihi batas normal akan membawa dampak buruk bagi tingkat kesehatan. Idelanya konsumsi kopi atau teh minimal 2-3 cangkir sehari (1 cangkir kopi/teh = 100 ml).

3. Menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang biasanya terdapat pada daging, seperti daging kambing, dan jeroan. Daging kambing mengandung lemak yang cukup tinggi, bila dimakan berlebihan akan membuat perut terasa panas, daging kambing dan jeroan termasuk dalam makanan yang mengandung purin tinggi yang dapat meningkatakan kadar asam urat dalam darah semakin meningkatkan produksinya. Selain itu makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang umumnya makanan tersebut diolah dengan cara digoreng juga menimbulkan resiko yang sama pada asam urat.

4. Larangan mandi pada malam hari selain menyebabkan timbulnya gejala penyakit reumatik, tanpa disadari dan bila tidak dijaga lama-kelamaan akan menyebabkan asam urat. Oleh karenanya hindari mandi di malam hari.

5. Berolahraga yang rutin minimal 2-3 kali dalam seminggu. Lakukan olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh dari olahraga yang paling ringan yang bisa diikuti seperti joging, senam aerobik. Berikan kesempatan pada tulang tubuh anda agar lebih lentur dan tidak kaku, sehingga tulang sendi, tulang rawan sendi berfungsi dengan baik dan bekerja secara optimal membantu pembentukan tulang tubuh yang kuat, untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Olahraga selain membuat daya tahan tubuh tetap terjaga dan menjadi lebih kuat, dapat membantu fungsi ginjal dalam memperlancar peredaran darah dan pembuangan air seni.


=====================================

>>> Obat Herbal Asam Urat Untuk Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Pencegahan Asam Urat and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *