Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Tinggi

Tidak sedikit orang yang memiliki asam urat. Asam urat merupakan salah satu bagian penyakit yang menyebabkan radang sendi juga dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanggani asam urat agar kadar asam urat tidak semakin meningkatkan jumlah produksi asam urat. Berikut ini ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah asam urat yang dimulai dari mengatur pola makan yang baik hingga meghindari kebiasaan buruk, diantaranya :

1. Menghindari atau mengurangi makanan dengan kadar purin tinggi

Hampir seluruh sumber makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung purin yang cukup tinggi, namun makanan yang mengandung purin masih dapat diminimalisir dengan cara tetap pada pengaturan pola makan yang baik dan seimbangkan nilai dan kebutuhan gizi dan sumber nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh agar keseimbangan metabolisme dan kekebalan tubuh terhadap penyakit bekerja dengan optimal.

Berikut sedikit informasi makanan yang mengandung purin dari golongan purin rendah hingga purin tinggi.

– Golongan purin rendah, terdiri dari : telur, susu, keju, buah-buahan, padi-padian dan sayuran hijau.
– Golongan purin sedang, terdiri dari : kacang tanah, kacnag hijau, kedelai, kacang polong, buncis, kacang panjang, tauge, oncom, tempe, tahu, bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, nanas, brokoli, daging ayam, daging sapi dan ikan.
– Golongan purin tinggi, terdiri dari : usus, hati, paru, janutng, pankreas, otak, babat, melinjo, kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, kaldu dan sarden.

Disamping makanan tersebut, ada pula hal yang perlu dihindari yakni makanan atau minuman yang menggunakan ragi, misalnya roti, tapai, brem-brem, apem, dan minuman beralkohol.

2. Banyak minum air putih

Asam urat yang tdak terpakai oleh tubuh akan dikeluarkan melalui air kemih. Oleh karenanya dengan memperbanyak konsumsi air putih minimal 8-10 gelas setiap hari dapat menghancurkan komponen dan jumlah asam urat dalam darah, sehingga dapat membuat seseorang akan lebih sering buang air kecil. Sehingga kristal-kristal asam urat pun akan ikut terbuang bersama racun.

3. Jangan terlalu lelah

Terkadang seseorang yang disibukkan runititas sehari-hari dengan pekerjaan dan berbagai kegiatan lainnya, memaksa diri mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh dan tinggi purin. Keadaan fisik yang lelah sekalipun menyebabkan metabolisme tubuh tidak berjalan secara optimal. Hal tersebut dapat memicu kadar asam urat semakin meningkatkan produksinya.

4. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat

Apabila memmiliki riwaayat penyakit ginjal, disarankan untuk tidak mengkonsumsi sembarang obat. Karena obat-obatan medis atau obat jenis lainnya dapat memicu gagalnya fungsi kerja organ ginjal, sehingga membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu. Tak hanya itu organ ginjal yang terganggu juga dapat mempengaruhi asam urat dalam darah semakin meningkat.


=====================================

>>> Obat Herbal Asam Urat Untuk Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Pencegahan Asam Urat and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *